19 Februari 2008

Perbaikan adalah Oleh Anda

Salah satu anugrah yang dimiliki manusia ialah memiliki kebebasan memilih. Di mana ada kebebasan di sana ada harapan yang cerah jika kita mau memanfaatkan kebebasan tersebut. Adalah terserah Anda mau memilih hidup seperti saat ini terus atau mau memilih kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Mulailah memilih masa depan yang lebih baik, hari ini, saat ini dengan kemampuan yang telah Anda miliki sekarang.

Politisi yang ingkar janji, mungkin iya terjadi. Banyak koruptor mungkin memang banyak. Itu memang harus kita perbaiki, tetapi bukan alasan yang membenarkan kita untuk tidak bertindak, untuk tidak memperbaiki, atau pun untuk membuat hidup kita lebih baik. Sama sekali bukan, karena ternyata orang lain bisa sukses padahal mereka sama-sama berada di Indonesia, menghadapi situasi politik, ekonomi, dan sosial yang sama.

Kita harus mengambil tanggung jawab penuh atas pembentukan dan perumusan kehidupan kita sendiri. Kitalah yang harus mengambil sebuah komitmen untuk tetap berusaha mencapai keadaan yang lebih tinggi. Mulai detik ini dan seterusnya berjanjilah kepada diri sendiri untuk memiliki komitmen yang teguh pada diri kita sendiri bahwa kita akan membuat kehidupan kita lebih baik dalam segala bidang.

Milikilah komitmen untuk terus belajar dan mengaplikasikan hasil belajar dalam rangka memperbaiki terus-menerus. Tidak ada alasan karena sudah tua, tidak alasan sudah punya anak banyak, tidak alasan harus bekerja menafkahi anak istri, tidak alasan tidak punya waktu, tidak alasan apapun untuk terus menuntut ilmu demi perbaikan diri.

Inilah cara menjalani kehidupan yang sepenuhnya. Menuntut ilmu dan memperbaiki kehidupan secara terus menerus adalah amalan yang diajarkan oleh agama kita. Tentu saja jika kita melaksana- kannya akan membuat kita lebih baik dan sukses dunia akhirat. Insya Allah.

Tidak ada komentar: